Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Mudah


Anda pasti khawatir ketika buah hati Anda susah makan. Padahal kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi sangat bergantung pada gizi yang ia peroleh dari makanan. Anda perlu mempraktikkan cara-cara mengatasi masalah tersebut dengan tips di bawah ini. Berikut cara mengatasi anak susah makan dengan mudah.

Kenalkan Manfaat Makanan
Kenalkan manfaat makanan yang anak makan ketika Anda mengenalkan jenis-jenis makanan kepadanya. Anda juga bisa menghubungkan manfaat makanan dengan cita-cita buah hati Anda atau hal yang membuat diak kagum. Menghubungkan makanan tersebut akan membuat anak Anda lebih tertarik dan menganggap kegiatan makan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Misalnya, anak Anda berkeinginan menjadi atlet, Anda bisa mengenalkan makanan yang mengandung kalsium atau fosfor seperti daging agar anak menjadi kuat. Atau jika anak Anda berkeinginan untuk menjadi dokter, Anda bisa mengenalkan makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan.

Kenalkan Makanan Baru
Anda bisa mengenalkan makanan baru agar anak mengenal berbagai cita rasa dari makanan. Jangan memberikan makanan yang sama pada anak dalam jangka waktu yang sama. Hal tersebut akan membuat anak hanya mengenal satu jenis makanan dan berakhir dengan rasa bosan dan susah makan.

Misalnya, anak Anda tidak suka pada satu jenis sayuran, Anda bisa memberikan beberapa kali dengan waktu perlahan agar anak terbiasa dengan rasa sayuran tersebut. Atau anda juga bisa membuat kreasi makanan dari sayuran yang tidak ia sukai. Anda juga tidak boleh memberi makan menjelang jam tidur anak, karena akan menyebabkan nafsu makan anak turun.

Jangan Memaksa
Cobalah berbicara dengan anak dan dengarkan alasannya ketika anak tidak mau makan. Tanyakan makanan apa yang ia inginkan. Anda tidak boleh mengancam, menakuti, atau bahkan menghukum anak dengan nada suara yang tinggi. Hal tersebut akan membuat situasi yang tidak menyenangkan. Parahnya, hal tersebut juga mengakibatkan anak menjadi trauma trauma.

Atur Jam Makan
Hindari memberikan camilan maupun susu dua jam sebelum makan karena akan membuat anak merasa kenyang ketika memasuki jam makan. Anda perlu mengatur jam anak memakan camilan dan meminum susu. Hal tersebut agar tidak membuat lambung terisi sehingga anak cenderung merasa tidak lapar.

Hindari Makanan Cepat Saji
Anda boleh memberikan buah hati Anda makanan cepat saji namun dalam jangka waktu yang tidak terlalu sering dan tidak berlebihan. Kenalkan anak dengan makanan sehat seperti buah atau sayuran dengan tampilan yang menarik sehingga anak semangat untuk memakannya.

Demikian tadi cara mengatasi anak susah makan dengan mudah. Anda hanya perlu untuk mengatur jam makan dan mengenalkan berbagai jenis makanan dan manfaatnya. Anda juga bisa mendapatkan tips lainnya dan juga rekomendasi minuman yang menambah nafsu makan anak di Orami dengan mengunjungi situs resminya di www.orami.co.id.

Tidak ada komentar